anak tk, cara mengajar anak tk, logo anaktk.com
BERMAIN
Home Bermain Selain Seru Kegiatan Bermain Ini Bisa Asah Otak Anak TK

Selain Seru Kegiatan Bermain Ini Bisa Asah Otak Anak TK

Oleh : Dinar Aditya | Jumat, 11 Mei 2018 WIB

Share :

anakTK.com - Kira-kira kegiatan bermain apa ya yang seru buat anak TK? Wah buat para bunda atau para ibu guru yang sudah sebentar lagi akan menghabiskan tahun pelajaran tentunya mencari kegiatan bermain yang seru buat anak TK menjadi perhatian. Apalagi sebentar lagi liburan, sepertinya perlu nih dari sekarang direncanakan kira-kira mau diisi oleh kegiatan apa nanti anak-anak TK kita. Nah berikut ini anaktk.com akan mencoba berbagi atau sharing mengenai salah satu kegiatan bermain yang bukan hanya seru namun juga bisa mengasah otak anak-anak kita loh, simak ya.

Bunda dan para ibu guru yang budiman, bermain untuk anak TK menjadi sebuah kewajiban. Kegiatan bermain tetap menjadi salah satu kegiatan utama yang harus ada dalam pembelajaran. Ini karena TK adalah Taman Kanak-kanak yang seyogyanya sebuah taman akan membuat setiap anak didiknya merasa ceria dan bergembira.

Untuk itu tidak salah jika para guru memberikan perhatian khusus untuk mencari kira-kira permainan apa yang cocok untuk anak-anak TK. Ada banyak permainan yang ada di sekitar kita yang bisa dipilih dan dijadikan pengayaan bagi kegiatan anak TK di sekolah.

Jenis Permainan Anak TK

Sebenarnya ada banyak macam serta jenis permainan yang ada di sekitar kita. Jika kita coba untuk kelompokkan maka ada 2 jenis permainan besar yang bisa kita simpulkan.

Permainan Tradisional

Lihat juga : Bagaimana Cara Mengajar Anak TK Melipat Kertas

Permainan tradisional merupakan kegiatan bermain yang dilakukan serta mengunakan alat-alat tradisional. Biasanya permainan ini lebih membutuhkan kegiatan fisik dari peserta permainan. Permainan tradisional juga biasanya dibawa berasal dari masing-masing daerah. Meskipun terkadang permainannya sama namun mungkin namanya akan menjadi berbeda ketika kita menemukannya di daerah lainnya.

Permainan tradisional ini misalnya seperti permainan engklek, permainan galah, dan sebagainya. Permainan tradisional biasanya juga dilakukan di luar ruangan dan membutuhkan lebih dari 1 orang peserta permainan. Lebih banyak tentang macam-macam permainan tradisional bisa anda baca di artikel mengenai contoh-contoh permainan tradisional.

Permainan Modern

Berbeda dengan permainan tradisional, permainan modern lebih menggunakan alat modern. Permainan modern ini lebih banyak hanya membutuhkan pemikiran atau psikis saja. Hanya sedikit faktor fisik akan dibutuhkan pada permainan modern ini.

Permainan modern ini banyak kita jumpai berupa permainan atau game di berbagai alat seperti handphone, tablet maupun televisi. Meskipun permainan modern juga bisa melibatkan lebih dari 1 orang namun pada umumnya permainan modern juga lebih sering dilakukan sendirian. Beberapa contoh permainan modern atau game bisa anda baca di artikel contoh game yang baik untuk anak-anak TK berikut ini.

Lihat juga : Ini 5 Bentuk Yang Harus Dikenal Untuk Cara Mengajar Anak TK Menulis

Setelah kita mengklasifikasikan jenis permainan bagi anak TK kita kembali ke pembahasan utama ya. Berikut ini contoh permainan yang ternyata selain seru namun ternyata bisa mengasah otak anak TK loh.

Permainan tersebut tiada lain adalah bermain puzzle. Puzzle? Ya betul bunda, ternyata puzzle bisa membuat anak-anak bermain sambil mengasah pemikiran mereka. Bermain puzzle tidak membutuhkan biaya yang besar bahkan kita bisa membuatnya secara gratis loh bunda dan para guru tercinta.

Nanti di akhir artikel ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara membuat puzzle untuk anak TK ya.

Namun sebelumnya perlu saya sampaikan ternyata bermain puzzle juga ada tahapannya loh bunda. Ada jumlah keping yang berbeda untuk setiap tingkatan anak. Untuk anak-anak pra sekolah bunda bisa mengenalkan puzzle dengan jumlah kepingan tidak lebih dari 6-8 keping saja.

Setelah anak-anak paham dengan puzzle yang memiliki jumlah kepingan sedikit maka kita bisa mengganti puzzle dengan jumlah kepingan yang lebih banyak. Dan demikian seterusnya. Biasanya jumlah kepingan puzzle pada umumnya sekitar 32 keping. Adapaun jumlah yang lebih banyak dari itu juga ada namun biasanya hanya tersedia di toko-toko buku.

Lihat juga : Ssstttt!... Ternyata Ini Rahasia Cara Mengajar Anak TK Menari

Baik, sekarang saya ingin berbagi tips bagaimana cara membuat puzzle sendiri di rumah atau di seklah untuk anak-anak TK.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat puzzle :

1. Kertas kardus

2. Kertas bergambar

3. Lem kertas

4. Gunting

5. Pensil

Untuk membuat puzzle kita bisa mulai dengan merekatkan kertas bergambar atau bermotif diatas kertas kardus dengan menggunakan lem. Ini agar nantinya puzzle yang kita buat lebih tebal. Lalu buatlah pola diatas kertas bergambar tersebut berupa garis menggunakan pensil. Gunting pola tersebut sesuai dengan jumlah kepingan yang kita inginkan.

Jika kita tidak memiliki kertas bergambar, kita juga ternyata bisa menggunakan gambar sendiri yang kita buat sebelumnya loh bunda. Dijamin deh anak-anak akan lebih senang jika belajar puzzle menggunakan puzzle yang gambarnya yang dia sukai.

Demikian tips kegiatan bermain yang seru untuk anak TK namun juga tetap mengasah otak mereka. Ada banyak cara untuk membuat anak-anak kita ceria. Semoga kita bisa menjadi orang tua atau para guru yang bisa menjadi jalan keceriaan anak-anak kita ya. Pada artikel sebelumnya saya menuliskan mengenai tips cara mengajar anak TK membaca. Semoga berbagai tips cara mengajar anak TK ini bisa bermanfaat ya bunda dan para guru tercinta, sampai jumpa.

 

Bantu Share ya, bunda!

 
 
Topik :
 

Artikel Terbaru

 
Selain Seru Kegiatan Bermain Ini Bisa Asah Otak Anak TK
Selengkapnya
 
Bagaimana Cara Mengajar Anak TK Melipat Kertas
Selengkapnya
 
Ini 5 Bentuk Yang Harus Dikenal Untuk Cara Mengajar Anak TK Menulis
Selengkapnya
 
Ssstttt!... Ternyata Ini Rahasia Cara Mengajar Anak TK Menari
Selengkapnya
 
Wah Begini Ternyata Cara Mengajar Anak TK Menggunting Kertas
Selengkapnya
 
Boleh Juga Nih Cara Mengajarkan Anak TK Bangun Pagi
Selengkapnya
 
Serba Serbi Cara Mengajar Anak TK
Selengkapnya
 
Ternyata Ini 5 Jenis Kegiatan Bermain Yang Baik untuk Anak TK
Selengkapnya
 
Penasaran Bagaimana Cara Mengajar Anak TK Agar Tidak Berisik di Masjid?
Selengkapnya
 
Ternyata Ada Rahasia Mudah Cara Mengajar Anak TK Menulis
Selengkapnya
 
Terbukti Nih Tips Cepat Cara Mengajar Anak TK Membaca
Selengkapnya
 
Bunda, Ini 8 Tips Cara Mengajar Anak TK Puasa Ramadhan
Selengkapnya


Paling Banyak Dibaca

Selain Seru Kegiatan Bermain Ini Bisa Asah Otak Anak TK 498 kali dibaca
Bagaimana Cara Mengajar Anak TK Melipat Kertas 432 kali dibaca
Ini 5 Bentuk Yang Harus Dikenal Untuk Cara Mengajar Anak TK Menulis 656 kali dibaca
Ssstttt!... Ternyata Ini Rahasia Cara Mengajar Anak TK Menari 702 kali dibaca
Wah Begini Ternyata Cara Mengajar Anak TK Menggunting Kertas 538 kali dibaca
Boleh Juga Nih Cara Mengajarkan Anak TK Bangun Pagi 472 kali dibaca
Serba Serbi Cara Mengajar Anak TK 542 kali dibaca
Ternyata Ini 5 Jenis Kegiatan Bermain Yang Baik untuk Anak TK 340 kali dibaca
Penasaran Bagaimana Cara Mengajar Anak TK Agar Tidak Berisik di Masjid? 456 kali dibaca
Ternyata Ada Rahasia Mudah Cara Mengajar Anak TK Menulis 784 kali dibaca
Terbukti Nih Tips Cepat Cara Mengajar Anak TK Membaca 772 kali dibaca
Bunda, Ini 8 Tips Cara Mengajar Anak TK Puasa Ramadhan 540 kali dibaca

Hari Ini


Lagu Anak Terbaru

  Lagu Anak : Ibu Pertiwi
  Lagu Anak : Kupu-Kupu
  Lagu Anak : Kucingku
  Lagu Anak : Naik Kereta Api
  Lagu Anak : Kesayangan
  Lagu Anak : Naik Becak
  Lagu Anak : Nenek Moyangku Seorang Pelaut
  Lagu Anak : Ibu Kita Kartini
anakTK.com :: Website panduan untuk para guru dan orang tua yang membahas tips dan cara mengajar anak TK di rumah dan di sekolah
Dunia Anak TK | Disclaimer | Kebijakan Privasi | Login